Mengatasi Wasir Yang Berdarah

Mengatasi wasir yang berdarah hampir sama halnya dengan wasir pada umumnya. Namun sebelumnya, perlu anda ketahui apa itu wasir berdarah? Wasir berdarah merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada anus, yaitu terjadi pembengkakan pada bibir anus yang disertai dengan pendarahan.


Penderita wasir umumnya mengalami kesulitan untuk duduk dan buang air besar. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya wasir berdarah diantaranya adalah terlalu banyak duduk, sembelit, diare yang terjadi menahun, merupakan keturunan dari penderita wasir, adanya penyakit yang membuat penderita mengejan, melakukan hubungan seks yang diluar normal, dan terjadi penekanan darah pada vena.

Gejala wasir yang dirasakan penderita pada umumnya yaitu mengeluarkan darah setelah buang air besar, sehingga tinja yang keluar disertai darah. Darah yang keluar bisa menyebabkan air kakus berwarna merah. Jika wasir tidak segera diobati, dapat mengakibatkakn penderita mengalami kehilangan darah yang berat atau bisa disebut anemia sehingga membutuhkan transfusi darah.
Adapun beberapa gejala terjadinya wasir berdarah antara lain, keluarnya lendir atau jelly yang terdapat dalam kotoran, merasa buang air besar belum tuntas, buang air besar dengan disertai darah, muncul rasa gatal serta muncul benjolan pada dubur.

Wasir berdarah tentu sangat menggangu bagi penderita. Ada beberapa cara untuk mengatasi wasir yang berdarah, yaitu dengan menggunakan pengobatan medis modern dan juga dengan pengobatan secara alami serta tradisional. Pengobatan wasir yang berdarah dengan prosedur medis mempunyai kelebihan lebih cepat dalam mengatasi masalah wasir dengan menggunakan obat-obatan atau operasi. Namun kelemahan dari obat-obatan medis yang mengandung bahan kimia serta pengobatan dengan operasi terkadang mempunyai efek samping yang kurang menyenangkan.

Cara lain untuk mengatasi wasir yang berdarah yaitu dengan menggunakan obat-obatan alami yang mempunyai resiko lebih aman dari pada pengobatan medis, serta tidak mempunyai efek samping. Namun penggunaan cara alami ini memerlukan waktu yang cukup lama.

Mengatasi wasir yang berdarah dengan bahan alami bisa dilakukan dengan menggunakan tanaman-tanaman obat yang sudah diketahui khasiatnya sejak lama. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi wasir yang berdarah yaitu dengan menggunakan tape singkong.

Tape singkong ini memiliki kandungan ragi yang dapat menyehatkan pencernaan. Dapat dikonsumsi dengan cara melembekkan tape dan dimakan tiga kali dalam sehari secara rutin. Hal ini dipercaya mampu mengatasi wasir yang ringan maupun yang berdarah, karena terdapat kandungan ragi dalam tape singkong yang menyehatkan bagi pencernaan.

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi wasir yang berdarah yaitu seperti memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayur, kacang-kacangan, selain itu memperbanyak minum air putih kurang lebih 8 gelas setiap hari. Hal ini bermanfaat untuk memperlancar buang air besar. menghindari makanan serta minuman yang dapat merangsang pencernaan seperti misalnya kopi, alkohol, makanan-makanan pedas. Hal ini berfungsi untuk mencegah wasir agar tidak tumbuh dan berdarah lagi.

Mengatasi wasir yang berdarah juga dapat dilakukan dengan berendam dengan air hangat pada saat mandi, hal ini berguna untuk menghilangkan pendarahan pada area dubur. Hindari mengejan saat buang air besar, merokok, memakai narkoba, dan menahan buang air besar dalam waktu yang lama, karena hal ini dapat meningkatkan potensi pendarahan pada wasir. Demikian beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengatasi wasir yang berdarah. Semoga bermanfaaat.



Mengatasi Wasir Yang Berdarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: denature tiga